MEMBANGUN BUDAYA NILAI


MEMBERIKAN HAL POSITIF

Setiap orang dapat menciptakan lingkungan hidupnya, sesuai pilihannya. Untuk itu orang perlu belajar membuat pilihan-pilihan yang tepat. Seseorang dapat menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, dengan aktif memberi perhatian kepada rekan-rekan kerjanya. Hal ini akan melahirkan saling memperhatikan dan saling menghargai satu sama lain. Tipsnya sederhana saja, ”Sambutlah setiap teman dengan kehagatan, sapaan dan senyuman.” Sapaan seperti ini dapat membuat atmosfer lebih sehat dan lebih baik.

Gosip adalah racun setiap komunitas. Oleh karena itu, jangan pernah mendengar gosip. Kalau terpaksa harus mendengarkan, janganlah memberikan tanggapan, apalagi menyebarkan gosip negatif. Namun, tanpa gosip suasana sepertinya hambar. Maka gosip positif dapat dikembangkan sebagai gantinya. Bicarakanlah kelebihan dan kebaikan orang lain. Ini tidak mudah, sama seperti semua keterampilan hidup, untuk bergosip positif ini kita perlu belajar membiasakan diri. Menurut keyakinan Behaviorisme, bahwa kepribadian adalah hasil dari pengalaman belajar dan membiasakan diri. Maka biasakan bergosip positif, maka Anda akan dengan sendirinya sedang membangun pribadi yang positif.

Ternyata, bila setiap orang memberikan hal yang positif kepada orang lain, maka akan tercipta:

  • Dunia yang penuh damai, setiap orang merasa bersaudara.
  • Lingkungan yang membahagiakan, setiap orang mersa aman.
  • Tempat kerja yang menyenangkan, dimana setiap orang dapat berkreasi.

Dunia seperti itu dapat kita ciptakan, hanya dengan cara sederhana. Setiap kali kita bertemu dengan siapa saja, kita melihat dia sebagai saudara yang pada hari ini dititipkan Pencipta bagi kita untuk kita cintai dan kita kasihi. Hal itu bisa kita lakukan melalui kegiatan sederhana:

  • Selalu memberikan perhatian pada orang yang ada di sekitar kita.
  • Memberikan senyuman kepada orang yang kita temui (di rumah, di jalan, di tempat kerja, dan di mana saja).
  • Memperlakukan setiap orang seolah-olah “Pencipta” dengan penuh penghargaan, menyapa dengan halus, memberikan yang terbaik.

Kesimpulan

Apabila kita memberikan yang positif kepada orang lain, sebenarnya kita menciptakan surga di lingkungan kita. Sebaliknya bila kita mengkritik, mendiamkan atau memberikan tanggapan negatif kepada rekan kita, sebenarnya kita sudah menciptakan neraka. Kunci surga dan neraka itu sesungguhnya ada di tangan kita. Setiap saat, kita tinggal memilih, yang mana yang hendak kita pakai.



Reference : Metode Living Values - Bpk. Fidelis

0 komentar:

Poskan Komentar

Laskar Pelangi