Mari Belajar : TEATER

PENDIDIKAN SENI BUDAYA (TEATER)

SMA REGINA PACIS SURAKARTA

KELAS X TH. 2008/2009

Pendidikan Seni Budaya dan Ketrampilan yang diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan : “belajar dengan seni”, “belajar melalui seni”, dan “belajar tentang seni”. Peran itu tidak dapat diberikan oleh mata pelajaran lain.
Pendidikan Seni Budaya dan Ketrampilan memiliki sifat multi lingual, multi dimensional, dan multi cultural. Multi lingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya. Multi dimensional bermakna pengembangan keragaman kompetensi melalui konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Multi cultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.

Pendidikan Seni Budaya dan Ketrampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan siswa dalam mencapai multi kecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, inter personal, visual spasial, musikal, lingustik, logic matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral serta kecerdasan emosional. Oleh karena itu, dalam rangka memenuhi ulangan praktek maka siswa-siswi kelas X merampungkan tugas akhir dari mata pelajaran Teater berupa pembuatan naskah drama yang merupakan karya cipta dalam kerja kelompok Teater.

Ada dua tujuan utama yang ingin dicapai oleh pembina dalam rangka tugas ini, yaitu pertama, memberikan tempat dan perhatian khusus kepada salah satu bidang formatif yang nampaknya kurang mendapat tempat dan perhatian dalam era perkembangan global dewasa ini, yakni bidang humaniora. Bidang humaniora berusaha mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan secara menyeluruh seimbang untuk turut ambil bagian menciptakan suasana hidup yang segar dan berhasil menciptakan kesejukan hidup. Kedua, tujuan khusus berupa pentas kelompok teater yang berusaha menghidangkan sebuah aspirasi usaha memperjuangkan nilai-nilai persahabatan dalam menghadapi tantangan-tantangan hidup dewasa ini. Dari hasil pentas kelompok ini, diharapkan semua yang terlibat, baik sebagai pemirsa maupun sebagai penyaji, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik secara material maupun secara moral dapat mengambil hikmah sebanyak mungkin. Kepada para penyaji saya ucapkan selamat berkreasi dan kepada para pemirsa saya ucapkan selamat menikmati, sedangkan kepada para pemerhati teater maupun drama saya ucapkan banyak terima kasih.

Elias Anwar, B. Th

(Pembina Teater)

0 komentar:

Poskan Komentar

Laskar Pelangi